Gerhana matahari 2009

Senin, 27 Juli 2009
Gerhana matahari 2009
Gerhana matahari 2009 - Sudah banyak tersebar tentang akan terjadinya gerhana matahari yang terjadi di indonesia pada tahun 2009.Apakah benar terjadi gerhana matahari hanya di negara indonesia saja?ini yang kebetulan juga sudah banyak tersedia di berita dari media televisi dan internet juga.Apakah benar terjadi gerhana matahari di tahun 2009 ini?Menurut catatan dari NASA Gerhana Matahari Annulus 2009 merupakan seri Saros 131 yang ke-50. Selama tahun 2009 sendiri di seluruh dunia hanya akan terjadi 2 kali Gerhana Matahari dan 4 kali Gerhana Bulan. Gerhana matahari total berikutnya terjadi pada tgl 22 Juli 2009 yang akan melewati daratan India, Nepal, Bhutan dan Tiongkok.



Jalur Gerhana Matahari Annulus 2009 ini akan dimulai dari Samudera Hindia sekitar selatan perairan benua Afrika pada Pk 06.06 GMT (pk 14.06 WITA) kemudian menelusuri Samudera Hinda lalu masuk daratan Sumatera bagian Selatan, Kalimantan Barat-Tengah- Timur, sebagian propinsi Gorontalo sebelum berakhir di perairan Selatan Mindanao, Philipina pada Pk. 09.52 GMT (Pk. 17.52 WITA) Puncak gerhana dimana bayang-bayang bulan akan menutupi 92,82% permukaan matahari paling lama akan terjadi selama 7 menit 54 detik pada pk.7.58 GMT. Gerhana Matahari Annulus kali ini juga akan menjadi istimewa karena hanya akan melewati permukaan daratan 1 negara saja yaitu di Indonesia saja.


Indonesia sendiri akan mengalami gerhana matahari pada tanggal 9 Maret 2016 di daerah Sumatera Selatan, Bangka-Belitung, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah dan perairan Maluku Utara. Di perairan Selatan Bali juga akan dilewati Gerhana Matahari Total pada tanggal 22 Juli 2028.Menurut penjelasan pakar meteorologi dan astrofisika dari ITB, Mezak Ratag, Jumat (23/1), pada saat gerhana matahari, daerah yang dilintasi gerhana akan mengalami pengurangan radiasi matahari sesaat. Daerah bayang- bayang gerhana jauh lebih kecil, menjadi 2-3 persen dari daerah tersinari lainnya.

Selain itu karena singkatnya gerhana, orde kurang dari 10 menit, maka efeknya ke lingkungan bumi global dapat diabaikan. Namun, dampaknya terhadap dinamika cuaca lokal hingga regional bisa signifikan.

1 comments:

  1. mastegar mengatakan...

    Berkunjung di malam hari...
    Gerhana cincin ya bos??

Posting Komentar

Silahkan komentar di blog dofollow ini.Boleh berkomentar asal jangan spam ( Tidak sesuai dengan isi blog )Untuk komentar yang cuma Spam dan sedikit terpaksa saya Hapus ^_^

 
Adformat designed by Simon Pilkington